Cara Mengatur Agar Chrome Berhenti Meminta Menyimpan Password


Google Chrome adalah salah satu peramban web yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Selain menawarkan kecepatan dan keamanan yang baik, Chrome juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna, salah satunya adalah fitur penyimpanan kata sandi. Dengan fitur ini, Chrome akan menawarkan untuk menyimpan kata sandi setiap kali Anda masuk ke situs web baru.

Namun, bagi beberapa pengguna, notifikasi untuk menyimpan kata sandi ini dapat mengganggu, terutama jika mereka sudah menggunakan pengelola kata sandi lain atau hanya ingin menjaga kata sandi mereka tetap pribadi. Artikel ini akan membahas cara-cara mengatur agar Chrome berhenti meminta untuk menyimpan kata sandi.

Cara Mengatur Agar Chrome Berhenti Meminta Menyimpan Password



1. Menggunakan Setelan Chrome


Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah melalui pengaturan Chrome. Buka Chrome dan klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas, lalu pilih 'Setelan'. Gulir ke bawah dan klik 'Kata sandi' di bagian 'Isi otomatis'.

Di sini, Anda akan menemukan opsi 'Tawarkan untuk menyimpan kata sandi’. Nonaktifkan opsi ini untuk menghentikan Chrome dari meminta menyimpan kata sandi setiap kali Anda masuk ke situs web baru. Dengan cara ini, setiap kali Anda mengunjungi situs web, Chrome tidak akan lagi menawarkan untuk menyimpan kata sandi Anda.

2. Menghapus Kata Sandi yang Tersimpan


Jika Anda sudah memiliki kata sandi yang disimpan di Chrome dan ingin menghapusnya, buka 'Setelan' Chrome, lalu pilih 'Kata sandi'. Anda akan melihat daftar semua kata sandi yang telah disimpan.

Klik ikon tiga titik di samping kata sandi yang ingin Anda hapus dan pilih 'Hapus'. Melakukan ini tidak hanya menghentikan penyimpanan kata sandi baru, tetapi juga menghapus kata sandi apa pun yang telah disimpan sebelumnya.

3. Menggunakan Mode Tamu


Mode Tamu memungkinkan Anda untuk menjelajah web tanpa menyimpan riwayat penjelajahan atau kata sandi. Untuk mengakses Mode Tamu, klik profil Anda di sudut kanan atas Chrome, lalu pilih 'Tamu'.

Dengan menggunakan Mode Tamu, Anda dapat menjelajah web tanpa Chrome menanyakan apakah ingin menyimpan kata sandi atau tidak karena semua data akan dihapus setelah sesi berakhir.

4. Ekstensi Pengelola Kata Sandi


Menggunakan ekstensi pengelola kata sandi seperti LastPass atau 1Password juga bisa menjadi solusi. Setelah menginstal ekstensi ini, Anda bisa menonaktifkan fitur penyimpanan kata sandi Chrome dan biarkan ekstensi menangani semua kebutuhan penyimpanan kata sandi Anda.

Ekstensi tersebut biasanya menawarkan fitur yang lebih canggih dan aman dibandingkan penyimpanan kata sandi bawaan Chrome, sehingga dapat memberikan lebih banyak ketenangan pikiran.

5. Mengelola Izin Situs Web


Anda juga dapat mengelola izin situs web individual. Buka 'Setelan', pilih 'Privasi dan Keamanan', dan pilih 'Setelan Situs'. Di sini, Anda dapat mengubah izin untuk situs web tertentu, termasuk meminta situs tersebut untuk tidak menyimpan informasi login.

Hal ini berguna jika Anda memiliki beberapa situs web di mana Anda tidak ingin Chrome menyimpan kata sandi, tetapi tidak ingin menonaktifkan fiturnya sepenuhnya.

6. Menggunakan Akun Google untuk Sinkronisasi


Jika Anda memiliki banyak perangkat dan ingin menyinkronkan data tanpa menyimpan kata sandi di browser, Anda dapat menggunakan akun Google Anda. Masuk ke akun Anda di Chrome, lalu buka 'Setelan' dan pilih 'Sinkronisasi'.

Di sini, Anda dapat memilih untuk menyinkronkan data tertentu tanpa menyimpan kata sandi, sehingga semua perangkat Anda tetap tersinkronisasi tanpa Chrome menyimpan kata sandi Anda.

7. Reset Pengaturan Chrome


Jika semua langkah di atas belum berhasil, Anda dapat mereset pengaturan Chrome kembali ke default. Ini akan menonaktifkan semua ekstensi dan menghapus semua pengaturan, termasuk pengaturan penyimpanan kata sandi.

Untuk mereset pengaturan Chrome, buka 'Setelan', gulir ke bawah dan klik 'Reset dan bersihkan', lalu pilih 'Pulihkan setelan ke default asli'. Ini adalah langkah terakhir jika Anda benar-benar ingin menghapus semua perubahan dan memulai dari awal.

Kesimpulan


Mengelola notifikasi penyimpanan kata sandi di Chrome memang dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan Anda dalam menjelajah internet. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pastikan untuk memilih cara yang paling sesuai dengan gaya penggunaan dan kebutuhan keamanan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menikmati pengalaman penggunaan Chrome yang lebih bersih dan sesuai dengan keinginan Anda.
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال